CARA MENGINSTAL VIRTUALBOX DI WINDOWS 7 TERBARU 2023

Assalamualaikum Wr.Wb Bertemu lagi dengan saya safixzpmk kali ini saya akan share bagaimana / Langkah-langkah Installasi VirtualBox di Windows 7. oke langsung saja kita ke TKP :D

1. Download Aplikasi VirtualBox

2. Double klik atau tekan ENTER dari keyboard setelah dipilih terlebih dahulu untuk memulai proses instalasi, lihat screec short berikut ini:



Dalam pembuatan tutorial ini penulis memakai VirtualBox versi 5.2.16, Maka akan muncul tampilan seperti berikut:


3. Tekan tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi.
4. Pada langkah berikut kita dapat menentukan vitur apa saja yang akan kita ikut sertakan atau vitur apa yang akan kita instal, dan kita juga dapat memilih lokasi dimana aplikasi VirtualBox akan diinstal, dalam tutorial ini penulis memilih untuk menginstal vitur dan lokasi secara default, yaitu untuk lokasi berada di drive C:\Program Files. Screen shortnya seperti berikut:




5. Tekan tombol Next untuk melanjutkan atau Cancel untuk membatalkan, kita pilih Next untuk melanjutkan proses instalasi.
                                     

Pada proses ini kita dapat membuat shortcut di desktop dan juga di Quick Lunch Bar dengan cara memberi ceklist pada kedua option tersebut, atau sebaliknya kita tidak menambah shortcut dengan cara kita tidak memberi ceklist pada option tersebut. Dan tekan tombol Next untuk melanjutkan proses berikutnya.
6. Pada proses ini ada peringatan bahwa VirtualBox akan membuat Network Interface secara Virtual juga di dalam PC (komputer,Laptop) yang kita pakai. Pilih Yes untuk menyetujui atau No apabila kita tidak ingin membuatnya, kali ini penulis akan membuat Virtual Network Interface dengan memilih tombol Yes. Lihat Screen short berikut:
                                      
7. Tekan tombol Install untuk memulai proses instalasi Network Interface.
                                     
Tunggu beberapa saat karena proses instalasi mulai berjalan



                                     

                                     
8. Setelah proses instalasi Network Inteface berhasil, maka kita diminta untuk melakukan proses instalasi port USB (Universal Serial Bus). Tekan tombol Install apabila kita hendak menambah port USB (virtual) atau tekan tombol Don’t Install apabila kita tidak inign menginstal port USB (virtual). Kali ini penulis memilih Install untuk menambah port USB (virtual). Screen shortnya seperti berikut:
                                    
9. Setelah kita meng-install Network Interface dan port USB secara virtual maka kita juga harus meng-instal Network Service-nya, vitur ini berfungsi supaya kita dapat memakai Jaringan Internet layaknya seperti kita memakai sebuah PC/Laptop secara sungguhan. Screen shortnya seperti berikut:
                                    
Pilih tombol Install apabila kita hendah meng-install Network Service atau pilih Don’t Install apabila kita tidak ingin meng-installnya.
10. Setelah kita meng-install Network service kita juga meng-install Network Adaptersnya. Screen shortnya seperti berikut:
                                   
Pilih tombol Install untuk melakukan proses installasi.
11. Apabila semua sudah terinstall dari tahap demi tahap maka proses instalsi selesai, dan akan muncul tampilan seperti berikut:
                                   
Pilih tombol Finish untuk mengakhiri proses installasi, apabila kita akan menjalankan aplikasi VirtualBox secara langsung ketika proses installasi selesai, berilah ceklist pada option Start Oracle VM VirtualBox 4.0.4 after installation. Maka aplikasi VirtualBox akan secara langsung muncul seperti screen short berikut ini:

                       

Oke proses installasi VirtualBox sudah selesai, selamat mencoba mengotak atik aplikasi virtualbox.


Sekian dari saya mengenai artikel lang langkah instalasi virtualbox di windows 7 semoga bermanfaat dan jangan lupa LIKE + SHARE + COMMENT agar blog safixzpmk terus terupdate. Wassalamualaikum Wr. Wb

3 Responses to "CARA MENGINSTAL VIRTUALBOX DI WINDOWS 7 TERBARU 2023"

  1. Terima kasih ... sangat berguna bagi saya yg lagi buat jaringan sendiri di kantor ...

    ReplyDelete
  2. iya, sama" .. thanks udah mampir....

    ReplyDelete
  3. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete